Program Hamil Bayi Tabung

Program Hamil Bayi Tabung – Masalah kesuburan memang merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi setiap orang di muka bumi ini. Baik masalah kesuburan pria atau kesuburan wanita, semuanya merupakan hal yang sangat penting yang perlu mendapat perhatian. Jika saluran telur seorang wanita mengalami kerusakan dan tidak bisa lagi iobati atau ditangani dengan cara pembedahan atau berupa tuba yang rusak atau tertutup, mungkin hal ini bisa menjadi penyebab dari terjadinya ketidaksuburan. Namun, masalah ketidasuburan saat ini bisa diatasi dengan salah satu program kehamilan berupa program bayi tabung. Pembuahan dengan teknik di dalam tabung atau IVF (in-vitro fertilization) ini merupakan salah satu teknik program pembuahan yang saat ini banyak diikuti oleh orang.

 

Program Hamil Bayi Tabung

Program Hamil Bayi Tabung

Pada dasarnya program hamil bayi tabung ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dari proses pembuahan yang harusnya pembuahan ini terjadi di dalam saluran telur, namun karen beberapa penyebab, proses ini tidak bisa terjadi dengan alami, maka proses ini dilakukan dengan in-vitro atau di dalam laboratorium.

Hal yang diperlukan dalam melakukan program hamil bayi tabung ini adalah wanita harus memiliki indung telur atau ovarium yang sehat dan masih bisa berfungsi, kemudian rahim harus dalam keadaan yang sehat juga. Hal yang perlu diingat adalah teknik bayi tabung ini hanya bisa dilakukan 1 kali saja, dan tingkat dari keberhasilannya adalah sekitar 15%. Namun, jika hal ini diulangi untuk kedua sampai ketiga kali tingkat keberhasilannya akan meningkat lebih tinggi menjadi 20%.

Prosedur dari program hamil bayi tabung ini adalah sperma dan sel telur ini dievaluasi kualitasnya dan hanya sperma  serta sel telur yang berkualitas saja yang akan digunakan untuk proses fertilisasi. Fertlisasi ni dilakukan di dalam dua cawan petri yang mengandung media sesuai dengam kondisi dari invivo, kemudian disimpan di dalam ikubator hingga embrio berkembang kemudian embrio yang berkembang dengan kualitas yang paling bagus ini dipilih untuk kemudian diperlihara di dalam rahim si pendonor hingga dilahirkan.

Untuk masalah waktu, program hamil bayi tabung memanglah membutuhkan waktu yang tidak lama. Dan biasanya sebelum Anda melakukan program ini, maka Anda dan suami haruslah melakukan konseling terlebih dahulu, harus melalui serangkaian pemeriksaan fisik atau genikolog, dan pemeriksaan ultrasonografi dan juga pemeriksaan hormon, analisa sperma, dan evaluasi pada gaya hidup.

Selain itu tingkat keberhasilan dari program bayi tabung juga tergantung dari usia. Karena proses dari bayi tabung ini tidak akan menghasilkan 100% berhasil. Tingkat dari kegagalannya juga cukup tinggi, sekitar 60-70%. Dan semakin meningkat usia Anda maka akan semakin kecil juga untuk kecil walaupun dengan melakukan program hamil bayi tabung. Dibawah ini peluang keberhasilan program hamil bayi tabung tergangung usia :

  1. Untuk usia dibawah 30 tahun, tingkat atau peluang keberhasilan mencapai 44,5%
  2. Di isia 30-38 tahun peluang berhasil mencapai 28-30%, dan untuk usia 38-42 tahun mencapai peluangs ekitar 10-11%
  3. Diatas usia 42 tahun bisa dikatakan peluang untuk hamil walaupun menggnunkan bayi-tabung tingkat keberhasilannya adalah sekitar 0%

Namun, gagalnya program hamil bayi tabung ini bukan hanya tergantung dari tingkat usia saja. Namun juga bis disebabkan karena embrio yang tidak bisa menempel di dinding rahim atau tidak terjadinya implantasi di dalamnya. Mengapa demikian? Hal ini disebabkajn karena adanya faktor cacat kromosom, selain itu terdapat beberapa hal lainnya yang menjadi penyebab gagalnya bayi tabung ini dan tidak diketahui apa penyebabnya. Jadi, sebaiknya sebelum Anda memilih jalan menggunakan program bayi tabung, sebaiknya Anda harus menyiapkan mental dan juga fisik Anda terlebih dahulu.

Kemudian, jika pemeriksaan sudah dilakukan maka dokter selanjutnya akan memilih empat jenis embrio yang paling baik yang kemudian akan ditanamkan kembali di dalam rahim wanita. Empat dari embrio ini merupakan julah yang paling banyak dan maksimal karena jika lebih dari empat maka resikonya adala harus ditanggung oleh ibu dan janis menjadi lebih besar. Embrio-embrio yang terbaik ini kemudian akan diisap ke dalam sebuah kateter khusus yang akan dipindahkan ke dalam rahim. Dan terjadinya kehamilan ini bsia diketahui melalui suatu pemeriksaan dari air seni sekitar 14 hari setelah proses pemindahan embrio dilakukan.

Untuk Anda yang ingin melakukan proses bayi tabung, sebaiknya mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi untuk menunjang kualitas embrio. Makanan-makanan yang baik adalah makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi Anda sehari-hari. Dan selain itu juga menjauhi hal-hal yang bisa menyebabkan gagalnya bayi tabung perlu dihindari. Jika Anda seorang perokok, sebaiknya mulai sekarang usahakan untuk menghindari rokok. Jangan minum-minuman beralkohol, karena ini akan memberikan pengaruh yang kurang baik untuk kesehatan rahim Anda.

Program Hamil Bayi Tabung


=====================================

>>> Siapa yang tidak subur? Suami atau Istri? Ikuti Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Bayi Tabung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *