Dampak Bayi Tabung

Dampak bayi tabung tentunya memberi pengaruh pada dampak positif dan negatif di kemudian hari yang mungkin terjadi pada ibu atau bayinya. Teknologi bayi tabung yang dikembangkan tahun 19870-an telah memberikan kebahagian kepada pasangan suami-istri yang sulit mendapatkan keturunan. Dengan teknologi bayi tabung mereka dapat memperoleh keturunan.

Dampak Bayi Tabung

Dampak Bayi Tabung

Teknologi bayi tabung memberi manfaat bagi pasangan suami-istri usia produktif yang belum memiliki keturunan. Namun, masih menjadi kontra jika teknologi bayi tabung ini dilakukan pada wanita lanjut usia yang telah menopause. Hal ini karena secara alami, wanita menopause tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan keturunan lagi.

Untuk itu, para ahli dalam penelitiannya harus mempertimbangkan aspek etika, moral dan agama. Apabila tidak maka akan menimbulkan hal yang kontroversial dan meniimbulkan dampak bayi tabung, padahal penemuan di bidang teknologi reproduksi dapat dikembangkan secara luas untuk kesejahteraan manusia.

Dampak bayi tabung positif

- Bioteknologi memberikan dampak positif dalam bidang kesehatan, misalnya dengan dikembangkannya teknik bayi tabung yang dapat membantu pasangan suami-istri untuk mendapatkan keturunan serta pemanfaatan  bakteri dalam rekayasa genetika sehingga dihasilkan insulin buatan.

Dampak bayi tabung negatif

- Dampak negatif penerapan bioteknologi terdapat pada berbagai aspek kehidupan seperti etika dan moral, lingkungan hidup, sosial dan ekonomi serta kesehatan. Seperti menyisipkan gen makhluk hidup ke dalam makhluk hidup lainnya (transplantasi gen) dianggap sebagai pelanggaran terhadap hukum alam dan sulit untuk diterima masyarakat.

Pada bayi tabung terdapat kadar yang berbeda. Bagi wanita muda berumur dua puluh tahun (20 tahun) yang dilahirkan dengan proses bayi tabung, kadar darah embrionya adalah 76,0%. Ini merupakan nilai yang lemah karena saat proses pembuahan, ia berada di luar rahim selama satu jam atau kurang.

Padahal telah diketahui bahwa darah embrio bagi orang-orang dewasa tidak memiliki fungsi apa-apa. Ditambah lagi, pencernaan yang terjadi di luar rahim menyebabkan peningkatan kadar darah embrio tersebut menyebabkan peningkatan kadar darah embrio tersebut dalam tubuh manusia.

Dalam arti lain, pencemaran itu memberikan dampak pada seluruh embrio dan menimbulkan perubahan penampilannya. Di sisi lain, teknologi bayi tabung memiliki potensi bertentangan dengan norma agama/masyarakat jika dibuat dengan cara massal dan tidak diketahui dengan pasti siapa pemiliki sel-sel kelamin yang digunakan. Dengan demikian, akan sulit diketahui siapa orang tua bayi yang akan terbentuk dan embrio dari hasil persatuan sel telur dengan sel spermatozoa orang tertentu yang ditanamkan di dalam rahim ibu pengganti, memiliki dampak serius dari segi agama dan etika.

Hubungan antara ibu dan janin yang dikandungnya yang terjalin secara alami selama proses kehamilan akan menjadi masalah di kemudian hari. Sebuah Lembaga Roslin di Inggris adalah lembaga pertama yang sukses mengkloning domba pada tahun 1996 yang bernama Dolly. Tetapi lembaga ini keberatan terhadap sukses kloning manusia, yang dianggap bahwa tindakan tersebut tidak terpuji dan merupakan pengkhianatan yang hanya akan menciptakan kehancuran.

Markas besar UNESCO meminta agar negara-negara di dunia melarang kloning manusia. Percobaan kloning manusia tidak hanya mengandung risiko pengetahuan, tetapi juga melanggar etika dan melanggar harga diri manusia.

Selain itu, untuk urusan kesehatan dampak bayi tabung untuk wanita terdapat efek sampingnya. Prosedur yang diberikan memerlukan suatu persetujuan dari Anda dan juga pasangan Anda tergantung dari pilihan. Anda harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu tentang dampak bayi tabung ini untuk kesehatan. Harus Anda ketahui bahwa program bayi tabung merupakan suatu cara untuk mempertemukan sperma dengan sel telur namun dengan proses inseminasi atau teknologi buatan manusia.

Dampak bayi tabung untuk kesehatan wanita bisa meningkatkan resiko dan potensi terjadinya Ovarian Hyper Stimulation Syndrome atau OHSS. Hal ini disebabkan dari obat yang dikonsumsi selama proses stimulasi ovarium. Dan selai itu infeksi yang terjadi biasanya adalah setelah proses pengumpulan sel telur. Selain itu, dapak bayi tabung yang lainnya adalah unculnya reaksi anestesi dan juga terjadinya kerusakan pada struktur ovarium yang masuk ke dalam usus dan masuk ke dalam kandung kemih wanita.

Dampak negatif bayi tabung yang lainnya adalah walaupun tidak semua mengalami hal ini, namun ada beberapa kasus yang menimbulkan suatu dampak gejala menopause selama proes yang pertama pada program bayi tabung. Gejala yang muncul biasanya diakibatkan karena sel telur yang dibuahi akan menempel di dalam dinding uterus. Fan kemudian prubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan merupakan suatu hal yang normal, namun terdapat beberapa gejala yang spesifik dari program bayi tabung yang dijalani ini, wanita akan mengalami urinasi yang panas, sakit kepala, payudara yang mengeras, sensasi kram pada bagian bawah perut dan terjadinya suatu perubahan pada suasana hati mereka yang tidak menentu.

Itulah beberapa dampak bayi tabung yang terjadi pada wanita. Itu mengapa sebelum melakukan program bayi tabung ini membutuhkan suatu persiapan mental dan juga fisik.

Dampak Bayi Tabung

 


=====================================

>>> Siapa yang tidak subur? Suami atau Istri? Ikuti Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Bayi Tabung and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>